Minggu, 28 April 2013

CD-ROM DRIVE

A.Pengertian Dan Fungsi CD-ROM DRIVE Drive berarti penggerak atau bagian mekanikal suatu piranti . Cd drive berarti penggerak cd atau suatu drive yang digunakan untuk merekam atau memainkan cd. Cd rom drive adalah Alat pemutar CD ROM Atau Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk.yang sering dijumpai adalahCD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical)dan WORM (Write Once Read Many). Kemampuan yang dimiliki oleh DVD telah menggantikan banyak teknologi lain dikelasnya. sepertiCD, Laser disc, Kaset video game, dan Kaset Video (VHS). Hanya dalam jarak selama kurang dari 8 tahun (sejak diperkenalkan kemasayarakat luas tahun 1997) kehadiran DVD sudah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan itu juga berkat dukungan yang sangat luas yang diperoleh DVD dari berbagai perusahaan baik elektronika, komputer, maupun entertainment di seluruh dunia. Fungsi CD-ROM drive adalah digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang). Kecepatan berputar dari CD-ROM biasanya tidak terlalu penting kecuali pada saat menginstall program, memainkan permainan (games) yang menggunakan CD-ROM drive, atau pada saat membuat CD dengan CD writer.CD ROM DRIVE hanya dapat digunakan untuk membaca sebuah cd saja. • FUNGSI CD ROM Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan. • PENGERTIAN CD-RW CDRW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan cd dan juga mampu menulis di kepingan cd blank, kerennya burn, • FUNGSI CD-RW CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file. C. Komponen pada CD-ROM DRIVE Komponen pada cd-rom drive adalah: 1. Laser diode adalah emits rendah tingkat balok yang menuju pantulan cermin. 2. Servo motor, diaktifkan oleh microprocessor ke trek pada disk.. Hal ini dilakukan dengan memindahkan gerakan ke cermin. 3. Beam splitter, merupakan bagian yang mengirim kembali sinar laser ke depan fokus lensa. 4. Photodetector, adalah bagian yang mengubah cahaya menjadi sinyal pulsa 5. Microprocessor, merupakan bagian yang membaca sandi sinyal pulsa dan mengirimkannya ke komputer melalui kabel data dan control. Bahan Pembuat CD ROM CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa kemana-mana. Compact Disk Read Only Memory, Media storage optikal yang secara fisik identik dengan CD-Audio in telah lebih dahulu dipergunakan sebagai menyimpan rekaman suara. Media ini dibaca menggunakan perangkat CD-ROM Drive. Kecepatan akses CD-ROM drive biasanya diukur dengan satuan speed. 1x speed ekuivalen dengan 150 kBps (kilbyte per detik) yaitu kecepatan baca pada perangkat Audio CD. Cara kerja Pada CDROM informasi yang tersimpan juga berupa 0 dan 1. Tentunya angka 0 dan 1 ini bukan langsung tertulis berupa angka 0 dan 1 melainkan merupakan keadaan pada lapisan tertentu pada CD-ROM tersebut. CD-ROM yang dibahas disini adalah CD ROM yang dicetak bukan CD-R ataupun CD-RW. Pada dasarnya semua CD memberikan informasi menggunakan teknik apakah suatu sinar yang diarahkan pada suatu posisi akan dipantulkan ke titik tertentu atau tidak. Perbedaannya terletak pada cara CD tersebut melakukannya. Pada CD-ROM yang memang dicetak, dipantulkan tidaknya suatu sinar itu ditentukan oleh cetakan yang digunakan. Jadi cetakan yang digunakan harus disesuaikan dengan informasi yang ingin disimpan. Setelah dicetak tidak bisa lagi diubah data digital yang tersimpan pada CD-ROM tersusun mulai dari bagian terdalam pada CD-ROM menuju ke bagian terluar dari CD-ROM. Selain lapisan yang berguna untuk memantulkan cahaya, masih ada beberapa bagian lain dari CD-ROM. Suatu CD-ROM biasanya memiliki 4 buah bagian, yaitu label, protective layer, reflective layer, dan polycarbonate plastic. Pada pembacaannya sendiri CD-ROM ini akan diputar dengan kecepatan sudut yang tinggi. Oleh karena itu pola yang dicetak pada CD-ROM tersebut harulah memiliki tingkat presisi yang tinggi. Bila ini tidak dipenuhi, penyimpangan informasi bisa saja terjadi. Pada CD-ROM Drive masa kini, kecepatan sudut ini akan terus dipertahankan hingga pada saat pembacaan bagian terluar dari CD-ROM. Hal ini membuat kecepatan linier (kecepatan pembacaan) semakin tinggi pada daerah yang semakin luar. Dengan kecepatan setinggi ini CD-ROM Drive yang digunakan juga harus memiliki tingkat presisi yang tinggi pula. Oleh karena itu wajar saja bila suatu CD-ROM Drive akan melakukan pembacaan dengan kecepatan yang lebih rendah terhadap CDROM yang sudah mengalami banyak gangguan seperti halnya goresa. Kapasitas tipe Piringan kompak Tipe Sektor Data maksimum Audio maksimum Durasi akses (MB) (MiB) (MB) (MiB) (menit) 8 cm 94.500 193,536 ≈ 184,6 222,264 ≈ 212,0 21 283.500 580,608 ≈ 553,7 666,792 ≈ 635,9 63 650 MB 333.000 681,984 ≈ 650,3 783,216 ≈ 746,9 74 700 MB 360.000 737,280 ≈ 703,1 846,720 ≈ 807,4 80 405.000 829,440 ≈ 791,0 952,560 ≈ 908,4 90 445.500 912,384 ≈ 870,1 1.047,816 ≈ 999,3 99 Apa beda -R +R dan RW ? Saat in hampir semua CD/DVD writer sudah bisa menulis dan membaca semua jenis format DVD. Hal ini ditandai dengan adanya logo DVD±RW. Sehingga jika ada logo tersebut, harusnya tidak ada masalah ketika kita memilih jenis -R atau +R. Mengenai penjelasan tanda ini sebagai berikut : • R : tanda ‘R’ sendiri merupakan singkatan dari Recordable. Disini disk dapat digunakan untuk menyimpan data dan sebaliknya jika tidak ada tanda R, maka tidak bisa menyimpan. • -R : Tanda Minus baik CD/DVD merupakan single session disk. Artinya kita tidak dapat menambahkan data lain jika sudah di gunakan, meskipun masih ada sisa penyimpanan. Kadang ada media yang bisa melakukan penyimpanan Multi session di disk jenis -R ini, tetapi hasilnya tidak semua media mampu membacanya, kadang hanya session pertama yang terbaca atau tidak ada sama sekali. • +R : Tanda Plus ditujukan untuk Multisession, artinya kita dapat menggunakan space kosong yang masih tersedia di disk. Setiap session baru dapat ditambahkan di session yang sudah ada atau membuat session baru. Sebagai bonus, ketika session baru disimpan, dapat memerintahkan untuk “menghapus” session yang lama. Hapus ini maksudnya memerintahkan media player untuk mengabaikan isi datanya. • RW : merupakan singkatan dari ReWritable, artinya disk ini menggunakan material khusus sehingga datanya dapat dihapus kemudian digunakan untuk menyimpan data baru atau dapat juga di tumpuk dengan data lain. Ada batasan tertentu seberapa banyak (kali) penghapusan data bisa dilakukan. 1. Selalu memilih DVD/ CD kosong dengan kualitas bagus Walaupun saat ini dipasaran tersedia berbagai merek DVD/CD kosong ( Blank DVD/CD) dengan harga yang sangat murah, namun anda sebaiknya memilih kepingan DVD/CD dengan kualitas bagus walaupun dengan harga yang lebih mahal. Karena kepingan disk dengan merek antah berantah atau tidak bermerek seringkali memliki lapisan pelindung yang tipis dan mudah terkelupas sehingga DVD/CD hasil burning tersebut tidak terbaca dengan baik atau bahkan tidak terbaca dalam beberapa waktu kemudian. Pepatah “ada harga, ada rupa” berlaku dalam hal ini.Ada baiknya anda memilih DVD/CD yang berkualitas atau bahkan kepingan disk dalam kemasan box, karena disk yang berkualitasmemiliki ketbalan yang merata dan sesuai standar serta dilapisi lapisan pelindung yang baik sehingga proses burning menjadi maksimal. 2. Periksa kembali permukaan disk sebelum proses burning Walaupun anda telah membeli kepingan disk yang berkualitas, namun ada baiknya anda kembali memeriksa permuakaan kepingan agar terbebas dari kotoran, goresan, retakan, lapisan yang terkelupas ataupun kerusakan lainnya. Hal ini dilakukan agar menjaga DVD/CD Rom kita tidak kesulitan dalam proses membaca dan menulis data di kepingan disk tersebut. Untuk kepingan yang telah tergores, anda dapat mecoba menggunakan cairan pembersih CD yang dijual di pasaran ataupun dengan menggunakan lotion kulit digosokkan dengan kapas hingga bersih. Selain itu hindari menyentuh dan mengusap permukaan kepingan disk, kita dapat menyentuhkan melalui lubang di tengah disk yang disediakan. 3. Bersihkan area DVD/CD Rom Selain menjaga kepingan disk dalam keadaan bersih, kita juga sebaiknya menjaga kebersihan area DVD/ Rom yang akan kita gunakan untuk proses burning. Apabila di area tersebut sudah banyak debu, dapat dibersihkan dengan kuas halus dan dengan cairan pembersih komponen komputer menggunakan kapas. 4. Gunakan software burning original dan hardware berkualitas baik Pemilihan hardware DVD/CD RW tentunya hanya bisa dilakukan pada PC, sedangkan pada laptop, hardware DVD/CD RW-nya sudah menjadi menjadi satu paket bersama hardware lainnya. Untuk itu pilihlah DVD/CD RW dengan merek yang popular dan dengan dukungan layanan purna jual yang baik. Beberapa merek seperti Samsung, Lite-On dan lainnya layak menjadi menjadi pertimbangan sidamping kualitas dan harganya yang terjangkau. Selain itu, agar hardware anda selalu bekerja optimal, anda dapat melakukan update firmware dari hardware itu sendiri. 5. Pada saat proses Burning Sebelum memulai proses burning ke kepingan disk, ada baiknya anda menutup sementara aplikasi lainnya yang tidak berhubungan dengan proses burning data tersebut, walaupun dengan teknologi multicore CPU yang canggih sudah dapat melakukan banyak proses aplikasi sekaligus. Hal ini untuk mengurangi resiko kesalahan dan kegagalan pada saat burning disk. 6. Pengecekan setelah proses burning selesai Selesai proses burning selesai, kita dapat langsung secara manual mencoba disk tersebut apakah menyimpan data sesuai yang kita inginkan atau biasanya ada opsi Verify untuk mengecek ulang DVD yang selesai di- burning. Walupun memakan waktu lebih lama, namun opsi ini untuk memastikan hasil kepingan yang di-burn sebagaiman mestinya Tips Merawat DVD RW Alat – alat yang dibutuhkan adalah : -CD lens cleaner -kain lap bersih LANGKAH PEMBERSIHAN Optical drive sangat rawan terkena debu. Dikarenakan dapat menyebabkan lambatnya suatu pembacaan CD / DVD yang dilakukan oleh Optical Drive. Ada beberapa langkah bagaimana cara untuk merawat Optical Drive adalah sebagai berikut. LANGKAH 1 Buka CD / DVD room anda, kemudian bersihkan bagian depan & tempat dudukan keping CD dengan menggunakan kain/pembersih lainnya. LANGKAH 2 Ambil kepingan CD lens cleaner (banyak dijual kok) kemudian teteskan teteskan cairan pembersih pada sikat (busa) halus yang ada dipermukaan CD LANGKAH 3 Masukan kepingan CD lens cleaner tersebut kedalam CD / DVD room anda, lalu jalankan CD dengan menggunakan multimedia player ( Windows Media Player) yang ada didalam PC anda. Dengan begitu Optical Drive anda sedang dibersihkan berbarengan dengan dibacanya file multimedia yang ada pada CD lens cleaner tersebut. LANGKAH LANJUT pastikan dalam mengoperasikannya lagi, CD/DVD yg akan diputar dalam kondisi bagus. jangan sentuh optical drive (optik) dengan benda selain pembersih. LANGKAH BURN IDEAL -pastikan burn speed dimana set default ke ukuran (CD=16-24x) (DVD=8-16x) dengan intensitas "istirahat" optical 5-10 menit per burn. sehari jangan dipaksakan jumlah CD/DVD di-burn terus-menerus. -jika proses burn (video render) lebih baik anda save dulu FILE IMAGE ke image drive (HDD), sehingga sewaktu-waktu tinggal double klik tanpa harus menanti "menulis kembali" hasil render/encode ke CD/DVD. -pastikan fan pendukung (cooler pad) tersedia, sebab suhu panas mempengaruhi kinerja. http://suthermgl.blogspot.com/2012/12/pengertian-cd-rom.html http://thecompure.wordpress.com/2012/07/02/pengertian-cddvd-rom-pada-komputer/ http://zudaskarios.wordpress.com/2011/05/12/pengertian-cd-rom-dan-cd-rw/ http://blacklistcorp.blogspot.com/2012/08/pengertian-dan-fungsi-dvd-rom-drive.html http://syahrulkurniawan85.blogspot.com/2013/02/pengertian-cd-rom-dan-cd-rw.html http://rizalyuliandi.blogspot.com/2012/10/cd-dvd-rom-drive.html http://hafidzazikri.blogspot.com/2009/08/pengertian-cd-rom.html http://kettyctsalamah.blogspot.com/2012/09/cd-rom-drive-mesin-atm.html http://blog.fastncheap.com/tips-burning-dvd-atau-cd/#ixzz2S0F02h00 http://teknik-komputer.netai.net/roomdrive.html

VOIP

VOIP VOIP singkatan dari Voice Over Internet Protocol atau biasa disebut digital phone merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP, seperti internet ataupun packet-switched networks. Dengan menggunakan VoIP, kita dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog. Beberapa layanan VoIP hanya bisa di gunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan layanan yang sama. Tetapi ada juga layanan VoIP yang dapat melakukan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon, lokal, jarak jauh, mobile phone bahkan nomor internasional. Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan. Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog. Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum. Keuntungan VoIP • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah. • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara. • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth. • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat. • Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset Kelemahan dari VoIP • Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus. • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas). • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom. • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan. • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet. • Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya. • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP. • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran Secara garis besar layanan VoIP dapat dibagi menjadi 4, yaitu : 1. Computer to Computer Layanan ini merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat komunikasi. Dengan menggunakan layanan khusus di internet kita bisa menggunakan komputer kita yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke komputer lain yang menggunakan layanan yang sama. Banyak penyedia layanan VoIP di internet. Salah satu layanan yang mendukung panggilan suara melalui internet adalah Yahoo messenger. Dengan menggunakan Yahoo messenger kita bisa melakukan voice call dengan sesama user. Begitu juga penyedia layanan lainnya, seperti MSN messenger ataupun Skype. Layanan VoIP computer to computer dapat dilakukan secara gratis, anda hanya cukup menyediakan koneksi internet pada komputer anda. 2. Computer to Phone Layanan ini merupakan layanan yang memungkinkan kita melakukan panggilan dari komputer ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) ataupun mobile phone (handphone). Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Salah satu penyedia layanan ini adalah Skype. Layanan ini juga tidak gratis seperti layanan computer to computer VoIP, layanan ini membutuhkan biaya yang harus dibeli terlebih dahulu (sistem prabayar). Cara menggunakan layanan ini juga tidak sulit. Pertama, kita harus memiliki account di penyedia layanan terkait, biasanya membuat account tidak di pungut biaya. Lalu kita membeli credit atau bisa juga disebut pulsa, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan panggilan ke telepon. Panggilan yang dilakukan tidak hanya ke nomor telepon lokal, namun panggilan dapat dilakukan untuk menghubungi nomor internasional di seluruh dunia. Dan juga, kita dapat melakukan panggilan baik ke telepon tetap ataupun handphone. Tarif yang digunakan mengacu pada penyedia layanan. 3. Phone to Computer Layanan VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan anda melakukan panggilan dari telepon ke komputer. Lagi-lagi penyedia layanan yang mendukung layanan ini salah satunya adalah Skype. Saat kita mempunyai account skype, kita juga dapat mempunyai apa yang di sebut Online Number. Online number inilah yang nantinya dapat di hubungi dari telepon manapun. 4. Phone to Phone Layanan dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional yang di hubungkan dengan VoIP adapter. Untuk menggunakan layanan ini kita harus menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP. Salah satu penyedia layanan ini adalah Phone Power. Dengan layanan ini kita dapat melakukan panggilan kemana pun diseluruh dunia yang menggunakan alat yang mendukung. Kelemahan VoIP Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Hal ini sering terjadi karena efek darikompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suaradibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yangdigunakan adalah koneksi internet pita-lebar/broadband seperti Telkom Speedy,maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan Ada 3 metode yang digunakan untuk penyediaan layanan VOIP antara lain : 1. ATA ( Analog Telephone Adaptor ) ATA yaitu menggunakan alat yang bernama ATA yang menyambungkan antara telepon konvensional ke PC atau internet untuk melakukan VOIP 1. IP Phone Yaitu telepon yang telah memiliki port RJ-45 untuk langsung disambungkan ke router untuk melakukan panggilan VOIP 1. PC to PC Yaitu panggilan VOIP menggunakan PC dengan perlengkapan seperti microphone, speaker, dan software yang disediakan developer komunikasi.Contoh : Skype, inter VOIP http://nana-afrina.blogspot.com/2011/04/pengertian-voip.html http://ayuanggrianih.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-i-jaringan-interner/2-apa-yang-dimaksud-dengan-voip-jelaskan-dan-gambarkan-cara-kerjanya/ http://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP http://lailanurli-lailanurly.blogspot.com/2012/06/pengertian-voip.html http://djuneardy.blogspot.com/2013/03/pengertian-voip-membuat-provider-sendiri.html http://engineindo.blogspot.com/2013/02/pengertian-voip-server.html http://if11091.blogdetik.com/2012/08/08/pengertian-voip/ http://www.scribd.com/doc/114347537/PENGERTIAN-VOIP http://selamanyagratisan.blogspot.com/2011/10/pengertian-voip.html http://sebelasipasatu-tik.blogspot.com/2011/11/pengertian-voip.html

Mpeg2 dan Mpeg4

Mpeg2 dan Mpeg4 MPEG-2 adalah penentuan untuk sekelompok koding dan kompresi untuk audio dan video, yang disetujui oleh MPEG dan diterbitkan sebagai standar internasional ISO/IEC 13818. MPEG-2 biasanya digunakan untuk encode audio dan video untuk sinyal broadcast, termasuk satelit broadcast langsung dan televisi kabel. MPEG-2 dengan beberapa modifikasi juga format coding yang digunakan dalam film DVD komersial. Menggunakan MPEG2 perlu membayar biaya lisensi kepada pemegang paten melalui MPEG Licensing Association. MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast. MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya. Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal. Dari penjabaran di atas jelas sekali perbedaannya, lihat tulisan yang bergaris miring. Untuk lebih jelasnya, berikut secara kasat mata dapat kita lihat dari receiver adalah sebagai berikut: Receiver Mpeg2 gambar kurang bagus, agak blur dan terkesan biasa saja, kalau kita lihat di televisi yang pake LED jelas sekali kelihatan gambarnya sangat jelek. tetapi kalau dilihat dengan menggunakan tv tabung, perbedaan tersebut tidak akan terasa sebab tv jenis ini hanya meggunakan resolusi kecil sebagai penampil gambarnya. Seiring dengan perkembangan dunia pertelevisian, sekarang ini sudah banyak stasiun televisi yang menggunakan format video mpeg4, seperti contoh untuk siaran televisi di Indonesia adalah: SCTV, Indosiar, Indonesia Network, Skynindo, O Channel. Sedangkan yang masih menggunakan mpeg2 tetap saja masih banyak. Kesimpulannya, bila anda belum dan ingin membeli peralatan parabola sebaiknya pilih receiver mpeg4, memang dari segi harga hampir 2 kali lipat harga receiver mpeg2 tetapi ke depannya anda akan diuntungkan karena nggak perlu upgrade lagi dengan peralatan baru. Dengan receiver support mpeg4 maka siaran mpeg2 pasti akan nyantol sedangkan receiver mpeg2 sampai gosong juga nggak akan bisa dapat siaran channel dengan format video mpeg4. Walaupun demikian, bagi anda yang sudah terlanjur membeli receiver jenis ini nggak usah minder bro :D, ada banyak keunggulan receiver mpeg2: rata rata receiver jenis ini mempunyai tuner yang sensitif sehingga sangat disukai oleh teknisi parabola untuk tracking satelit. Dalam hal blind scan, receiver mpeg2 lebih cepat dibandingkan mpeg4, daya tahan lebih kuat dari mpeg4, receiver yang sudah mpeg4 Receiver MPEG2 dan MPEG4 Memilih receiver sebelum membeli parabola sangatlah penting dalam menentukan kualitas dan kejernihan gambar,. makanya sobat parabola musti jeli dalam memilih receiver parabola. Perkembangan teknologi jaman skarang sudah mutakhir, revolusi teknologi hampir menguasai semua produk digital di dunia. termasuk receiver parabola yang ikut-ikutan jadi "korban" . Dulunya receiver parabola hanya memiliki format MPEG2 (murmer),dan fiturnya pun masih sederhana. sekarang dengan adanya perkembangan teknologi, receiver parabola bisa menerima siaran berformat mpeg4 (dvbs2). dengan kualitas gambar lebih jernih dan pastinya lebih bagus. perbandingan fitur yang sangat mencolok menyebabkan banyaknya pengguna parabola beralih ke receiver mpeg4. perbandingan fitur dvbs (mpeg2) dan dvbs2(mpeg4); beberapa fitur yang dimiliki receiver standar dvb-s (mpeg2); • compatible dengan lnb C/KU band • auto scan satelite transponder • mampu menyimpan 1000 channel tv dan radio • simbol rate : 2-45 mbps • setting frekuensi LNB • sistem menu yang mudah • RCA output/RF • bisa input PID sendiri • upgrade software dengan mode RS-232 rata rata booting lama dan gampang sekali hang. http://kaleefaanfield.blogspot.com/2013/03/beda-receiver-mpeg2-dan-mpeg4-pada.html http://mitraparaboladigital.blogspot.com/2012/12/receiver-mpeg2-dan-mpeg4.html http://id.prmob.net/imovie/iphone/mac-os-x-1327078.html http://ms.wikipedia.org/wiki/H.264/MPEG-4_AVC

VIDEO STREAMING

VIDEO STREAMING Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya. Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan. Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet. Apa yang bisa dilakukan pada web yang mendukung video streaming? • Melihat video secara langsung melalui web. Kita bisa melihat video secara langsung pada media browser yang kita buka tanpa harus melakukan proses download dan memakan waktu yang panjang tersebut karena biasanya sebuah file video rata-rata memiliki ukuran sebesar 10 – 30 Mega Byte, bisa dibayangkan untuk mengetahui isi dari video tersebut kita terlebih dahulu harus melakukan proses download dari situs tersebut yang memakan waktu yang cukup lama biasanya. • Dapat dengan bebas mengatur permainan video. Seperti halnya sebuah perangkat lunak video player yang Anda miliki pada komputer Anda, kita bisa dengan bebas mengatur permainan video yaitu seperti play, pause, volume dan trackbar yang bisa kita geser secara sembarang. Tetapi pada video streaming ini hanya terbatas pada satu video saja yang dapat kita mainkan dan tidak bisa untuk video yang lain. • Memberitahukan teman kita melalui email tentang video yang Anda lihat pada web tersebut. Sebelum / setelah Anda melihat video yang sedang Anda mainkan melalui web, Anda dapat memberitahukan kepada teman melalui email mereka dari web tersebut. Media Streaming Sebuah teknlogi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet. Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien. Buffering Proses atau kondisi yang terjadi saat sebuah player untuk media streaming sedang menyimpan bagian-bagian file media streaming ke tempat penyimpanan lokal. Kebanyakan player menyimpan hanya sebagian kecil dari sebuah presentasi streaming sebelum memulai streaming. Proses buffering juga bisa terjadi di tengah-tengah streaming, biasanya hal seperti ini terjadi jika bandwith yang diperlukan untuk memainkan streaming kurang sesuai atau kurang memenuhi besar bandwidth dari yang seharusnya. Bandwidth Jumlah data yang bisa ditransmisikan dalam ukuran waktu yang telah pasti. Untuk peralatan digital, biasanya bandwidth dibuat dengan satuan bit per seken atau byte per seken – berbeda dengan peralatan analog yang memiliki standar ukuran cycle per seken atau Hertz (Hz). Bagaimana Video Streaming Bekerja?? Untuk menbuat video streaming dibutuhkan sebuah server dengan jaringan yang luas dan cepat serta ruang penyimpanan yang besar. Kemudian juga dibutuhkan komputer client yang dapat berkomunikasi atau menerima informasi dalam bentuk bit. Data dari source (berupa video) akan di-capture dan disimpan pada sebuah buffer yang berada pada memori komputer (bukan media penyimpanan seperti harddisk) dan kemudian di-encode sesuai dengan format yang diinginkan. Dalam proses encode ini, pengguna dapat mengkompresi data sehingga ukurannya tidak terlalu besar (bersifat optional). Namun pada aplikasi streaming menggunakan jaringan, biasanya data akan dikompresi terlebih dahulu sebelum dilakukan streaming, karena keterbatasan bandwitdh jaringan. Setelah di-encode, data akan di-stream ke pengguna yang lain. Pengguna akan melakukan decode data dan menampilkan hasilnya ke layar monitor pengguna. Waktu yang dibutuhkan agar sebuah data sampai mulai dari pemancar sampai penerima disebut dengan latency. Apa itu Buffer?? Kode-kode atau bit-bit yang berasal dari proses encoding disimpan dan diproses dalam sebuah media yang disebut file buffer. Jika koneksi internet terputus untuk sementara, maka server akan mengetahui sampai sejuh mana file berhasil dibuffer, untuk kemudian server akan mengirimkan kode-kode selanjutnya (yang belum dikirim) untuk melanjutkan pemutaran video. Komputer mendownload dan menyimpan kode-kode video dalam buffer dengan baik secara terus menerus hingga video siap dimainkan di layar. Menggunakan Joomla, WordPress, Drupal atapun Aura CMS atau dll. Kelebihan Atau Keuntungan Live Video Streaming Berbasis website ? pada tahun 2013 ini website sudah tidak asing lagi bagi masyarakat luas, apa lagi dalam sebuah perusahaan. sepertinya sudah hal yang wajib memiliki website. keuntunggan membangun live video streaming berbasis website adalah website sangat competible atau bisa di akses menggunakan semua operating sistem seperti windows, linux, Mac OS atapun debian dan sejenisnya. dan website juga sudah support di beberapa gadget yang sekarang marak di pakai para penggemar IT. seperti Blackberry, adroid maupun Iphone. Kelemahan Live Video Streaming Berbasis Website? Setiap program pasi memiliki beberapa kelemahan, layaknya live video streaming yang berbasis website. khususnya untuk live video streaming, baik itu live maupun ondamane. karena beberapa gadget yang sudah support atau bisa membuka website namun belum bisa mengakses program live video streaming. butuh bantuan pihak ke 3 contoh saja kita menggunakan gadget blackberry, butuh program java jika kita ingin mengakses live video streaming. begitu juga jika kita menggunakan andoid atapun Iphone. yaa sudah selaknya sebuah sistem ataupun program itu memiliki kelebihan dan beberapa kelemahan, namun kelemahan yang ada pada program live video streaming berbasis website ini bisa ditutupi dengan adanya bantuan program yang dibuat dari java. ataupun program lainnya. nanti kita akan bahas bagaimana skema pembuatan video streaming berbasis website secara detail. sebetulnya pada postingan sebelumnya juga sudah saya posting. dari pada nanti anda nyasar kemana-mana nanti bisa saya buatkan skema tersendiri dengan cara saya biar anda kalau tidak faham bisa bertanya langsung kepada saya tentang live video streaming ini, SUMBER : http://riccoroviandy.blogspot.com/2013/01/pengertian-video-streaming.html http://afrizal-abdi.bloghttp://ayumaniz.wordpress.com/2009/10/14/streaming-audio-dan-video/spot.com/http://i6atygvuyy.blogspot.com/2013/02/mengenal-pengertian-streaming.html2010/11/pengertian-video-streaming.html http://kapukrandu.wordpress.com/2013/01/19/pengenalan-cctv-ip-camera-dan-video-streaming/ http://cakraningrat8.blogspot.com/2011/05/pengertian-media-streaming.html http://gakaramyblog.blogspot.com/2013/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_24.html http://sulimah-mhiyu.blogspot.com/2010/12/video-streaming-dan-teleconference.html http://nazcules.blogspot.com/2013/04/pengertian-streaming.html http://amahabas.wordpress.com/diary/pengantar-telematika/tugas-3-video-streaming-dan-teleconference/ http://nurmanto.com/live-video-streaming-berbasis-website/ http://pradika-dbamster.blogspot.com/2012/04/definisi-video.html

SCANNER

SCANNER Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks. Sejarah Scanner Sejarah perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks. Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner. Penemuan scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography,fotokopi dan optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).Demikian sejarah singkat penemuan scanner dan perkembangan scanner dari awal penemuannya sampai sekarang scnner baru dengan teknologi berbeda dan canngih telah ditemukan dan dikembangkan di dunia oleh berbagai Company seperti yang disebutkan di atas. jenis scanner ini biasanya kita temukan di minimart . biasanya digunakan untuk membaca kode barang dengan sistem transper data menggunakan waerles. gambarnya seperti dibawah ini a. Flat bed Jenis ini adalah jenis yang paling banyak dijumpai, karena harganya relatif paling murah, cocok untuk penggunaan pribadi. Jenis ini dapat dicirikan dari bentuknya yang persegi panjang. Memiliki sebuah papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Untuk menggunakannya anda harus meletakkan gambar satu persatu untuk setiap pengambilan gambar. gambar scanner jenis flat seperti di bawah ini berikut saya uraikan tentang cara kerja scanner jenis flat bed. 1. kertas atau document kita letakan diatas kaca pemindai tepatnya diatas kaca scanner. 2. Sebelum gambar dipindai, komputer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu akan maju, jaraknya ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar di kaca pemindai. 3. Lampu mulai menyala dan motor stepper akan mulai berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir gambar. 4. cahaya yang dipancarkan ke gambar akan di pantulkan, pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner. 5. Cahaya pantulan tersebut akhirnya akan sampai ke sensor CCD 6. Sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dn panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi tegangan listrik analog. 7. Tegangan analog tersebut akan diubah menjadi nilai dijital oleh alat pengubah ADC(analog to Digital) 8. Sinyal dijital dari sensor CCD akan dikirim ke papan lojik dan dikirimkan kembali ke computer dalam bentuk data dijital yang menunjukan warna pada titik-titik gambar yang dipantulkan. • Slide scanner Fungsi dari slide scanner adalah untuk pengambilan image dari slide berukuran 35 mm. Scanner tersebut pada umumnya dipergunakan untuk menyimpan image dari slide arena memiliki hasil gambar yang lebih baik dibanding bila menggunakan hasil cetak dari photography. Pada slide scanner telah terpasang slot tempat slide yang merupakan bagian dari mekanik scanner slide. Karena scanner tersebut sangat spesialis, maka tidak dapat dipergunakan untuk pencetakan atau pada format trasnparan yang lebih besar. • Transparency scanner Transparency scanner hampir mirip dengan slide scanner, termasuk dapat mengakomodir transparansi sampai ukuran 102 x 127 mm. Beberapa scanner menggunakan mekanik yang mirip dengan scanner flatbed ke CARA MENGINSTAL SCANNER 1. Pada posisi scanner sudah menyala, jika scanner sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan,anda pilih yes, this time only kemudian next. 2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd). 3. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below. 4. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut. 5. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard. 6. Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil. Cara kerja scanner dapat anda lihat dibawah ini : 1. Saat kita menempatkan kertas bergambar atau teks pada layar kaca Scanner anda dan menekan sebuah tombol scan pada mesin Scanner tersebut atau menu scan pada layar monitor anda, maka scenner tersebut akan melakukan scanning. 2. Cahaya yang terpancar pada saat scanning menunjukkan bahwa scanner tersebut sedang melakukan scan dan hasil yang didapat akan langsung dikirim pada sensor CCD. 3. Dari CCD tersebut akan dikirim ke ADC. ADC akan memprosesnya lalu mengirimkan hasilnya pada komputer anda. 4. Setelah masuk pada komputer anda, hasilnya dapat anda edit sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga bisa menyimpannya dalam komputer anda atau langsung mencetak hasil dari scanning tersebut menggunakan printer. Fungsi Scanner Komputer Fungsi Scanner adalah suatu alat yang berkerja dengan memindahkan sebuah atau beberapa objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer kita. Ada beberapa jenis koneksi ke komputer dari scanner yang paling umum digunakan, diantaranya: 1. jenis koneksi paralel merupakan koneksi model lama, karena komputer yang model lama koneksinya masih paralel port. 2. jenis koneksi usb versi 1 merupakan jenis koneksi setelah paralel port, koneksi usb 1 ini lebih cepat dari koneksi paralel port sehingga kecepatan untuk memindai selembar kertas bisa lebih cepat. 3. jenis koneksi usb versi 2 selain kecepatannya lebih cepat dari usb versi 1 dan paralel, koneksi usb versi 2 ini mulai populer karena laptop atau komputer saat ini banyak yang sudah tidak mendukung koneksi paralel port lagi. Beberapa model jenis scanner (fungsi scanner): 1. scanner model flatbed, kertas atau objek diletakkan di atas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak melewati kertas atau objek tersebut untuk memperoleh gambarnya. Keuntungan menggunakan scanner flatbed adalah: - objek selain kertas pun (suatu benda) dapat di letakkan di atas kaca scanner, contohnya handphone, jam tangan, dll. 2. Automatic Document Feeder (ADF) Dengan menggunakan scanner model Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keuntungan menggunakan Automatic Document Feeder (ADF) adalah: - kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam -dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan Dibawah ini merupakan gambar scanner Automatic Document Feeder Seiring perkembangan jaman, scanner tidak lagi hanya berfunsi sebagai alat pemindai. Sekarang telah hadir scanner multi function (all in one) yang merupakan seperangkat scanner yang di dalam sudah terdapat fungsi printer, copy dan fax. Jadi fungsi scanner sudah lebih lengkap lagi, karena dengan memiliki sebuah scanner multi function kita sudah dapat memfoto copy suatu dokumen baik dalam model hitam putih dan berwarna (jika dokumen aslinya memang berwarna). Scanner all in one ini juga bisa sebagai printer dan alat fax. TUJUAN DAN MANFAAT SKIMMING DAN SCANNING Skimming dan scanning merupakan tehnik membaca cepat yangs sering dilakukan oleh pembaca. Kedua tehnik ini sebenarnya sangat fungsional terutama dalam kegiatan sehari-hari. Suatu keterampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien utnuk berbagai tujuan, sepeti berikut ini: 1. untuk mengenali topik bacaan 2. untuk mengetahui pendapat orang 3. untuk mengetahui organisasi penulisan 4. untuk mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpamembaca keseluruhan 5. untuk penyegaran apa yang pernah kita baca adapun manfaat itu antara lain: 1. dapat mencari suatu informasi khusus yang diperlukan dari sebuah teks bacaan atau buku secara cepat dan efisien 2. dapat menjelajahi banyak halaman buku dalam waktu yang singkat 3. tidak terlalu banyak membuang-buang waktu mencarisesuatu yang dinginkan dari buku, khususnya tindakan yang tidak menunjang terhadap pencarian informasi tersebut. SUMBER : http://tip-mega.blogspot.com/2013/01/pengertian-scanner.html http://febrizal-h.blogspot.com/2013/01/sejarah-scanner-pengertian-scanner-dan.html http://dedehrahmawati.wordpress.com/2012/09/23/jenis-jenispengertian-dan-cara-kerja-scanner/ http://tugas-komputerku.blogspot.com/2012/09/pengertianfungsi-dan-cara-kerja-scanner.html http://dikawirandanu.blogspot.com/2013/02/pengertian-scanner.html http://febrywahyu04.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-cara-menginstal-scanner.html http://fikrismkn1cjr.blogspot.com/2013/02/apa-itu-scanner-fungsi-dan-kegunaan.html http://penasehatcintae.blogspot.com/2011/01/pengertian-skimming-dan-scanning.html http://5smexc-artikel.blogspot.com/2012/09/pengertian-scanner.html http://bembenk73.blogspot.com/2010/01/tugas.html

VIDEO BOARD

1. A. PENGERTIAN VGA (Video Graphics Accelerator) VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah salah satu komponen komputer yang mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data graphis untuk ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit “komputer mini” karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga. Disebut VGA card karena komponen ini memang berbentuk seperti kartu yg di”tancap”kan pada motherboard (mobo) melalui satu slot yang khusus untuk itu. Karena VGA card memiliki prosesor yang mengeluarkan panas saat beroperasi, maka pasti ada perangkat pendinginnya, bisa berupa sirip-sirip logam dengan pipa-pipa penghantar panas (heatpipe) atau berupa kipas pendingin (heat Sink Fan/HSF). Sejarah dan Perkembangan ATI Technologies sebagai Produsen VGA CARD Pada tahun 1985, ATI didirikan sebagai Array Technologies Incorporated oleh Yuen Kwok Ho, Benny Lau dan Lee Ka Lau.Bekerja terutama dalam bidang OEM, ATI produksi terintegrasi kartu grafis untuk PC seperti IBM dan Commodore. By 1987, ATI telah berkembang menjadi sebuah kartu grafis independen pengecer, pengenalan EGA Wonder dan VGA Wonder lini produk kartu grafis dengan merek yang di bawah tahun. Pada bulan Mei 1991, perusahaan yang dirilis Mach8, ATI pertama produk dapat memproses grafik tanpa CPU. Debuting pada tahun 1992, yang ditawarkan Mach32 meningkatkan bandwidth dan memori GUI percepatan kinerja. ATI Technologies Inc pergi publik pada tahun 1993 dengan saham yang terdaftar di NASDAQ dan Bursa Efek Toronto. B. FUNGSI VGA Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya. Perbedaan VGA On board dengan VGA yang tidak On board 1. Memory, VGA On board tidak memiliki memory khusus jadi memory bergabung dengan memory komputer (RAM) sehingga kinerja komputer akan terasa lambat bila RAM komputernya kecil. Sedangkan VGA tidak On board, memory sudah terpisah dengan memory komputer (RAM) atau dengan kata lain VGA tidak On Board memiliki memory sendiri. 2. Kinerja/kemampuan, VGA On Board memiliki kinerja lebih rendah dibandingkan dengan kinerja VGA tidak on board. Hal ini dikarenakan pembuatan VGA card tidak on board sudah dirancang untuk dapat bekerja mandiri, artinya memory tidak lagi menggunakan memory komputer (RAM) sehingga antara RAM dan memory VGA sudah saling bekerja sama dan tidak saling membebankan. 3. Biaya, VGA On Board dari segi biaya lebih murah karena sudah bergabung dengan harga komputer keseluruhan. Sedangkan VGA tidak On Board, harganya lebih mahal dan terpisah dengan harga komputer keseluruhan. Produsen (vendor) VGA Card Berikut beberapa pabrikan pembuat (vendor) VGA dan ini hanya beberapa dari sekian banyak produk VGA yang dihasilkan oleh masing-masing vendor tadi. Dan setiap produk VGA ini di pasarannya memiliki kelebihan dan kekurangan dikarenakan setiap produk sering memfokuskan pada hal tertentu, misalnya menekankan aspek gambar, atau ada yang menekankan pada video. 1. Dell Computer corp : Smart Array 6400 Controller 2. ATI Technologies Inc : Radeon IGP 345M 3. National Semiconductors : Geode VGA Compatible Device 4. Cirrus, Logic : pci 5. TRIDENT MICRO : DGi GUI Accelerator 6. NEC electronics : GUI Accelerator 7. SIS : SiS5597 SVGAa 8. Oak Technology : Spitfire VGA Accelerator 9. NVIDIA Corporation : NVIDIA GeForce 8400 10. VIA Technologies, Inc : CastleRock AGP 8x Controller 11. Intel Corporation : AGP Graphics Accelerator 12. ARK Logic : Stingray GUI Accelerator 13. Alliance Semiconductor : VGA/AVI Playback Accelerator 14. Ascii Corporation : VGA Video Overlay Accelerator 15. VMware Inc : Virtual SVGA sumber: Driver adalah sebuatan untuk sebuah perangkat lunak (software) yang menjembatani (mengizinkan) perangkat keras (hardware) berkomunikasi dengan komputer. Tanpa ada driver, jika anda hubungkan perangkat keras ke komputer maka perangkat keras tadi tidak dapat digunakan. Jika driver yang digunakan tidak cocok maka perangkat keras tadi tidak dapat digunakan. Misalnya ada sebuah perangkat keras, sebut saja modem, maka agar perangkat keras tadi dapat berkomunikasi dengan komputer anda maka anda harus menggunakan driver modem tadi lalu di-instal-kan pada komputer dan selanjutnya driver ini akan bekerja dan menjembatani hardware dengan komputer sehingga modem anda dapat dikenal dan dapat digunakan. Ada kalanya sebuah perangkat keras langsung dikenal oleh komputer sehingga tidak memerlukan driver, misalnya mouse, flashdisk, keyboard tetapi ini juga dipengaruhi oleh Operating System (OS). Semakin terbaru OS anda maka semakin banyak pula perangkat keras yang dapat dijembatani langsung tanpa harus ada driver. Oleh sebab itu jika anda membeli sebuah perangkat keras komputer, yang harus anda perhatikan adalah ada atau tidak driver-nya dalam bentuk kepingan CD. Dan jika tidak disertai CD ada kemungkinan perangkat keras tadi sudah dikenal banyak oleh OS komputer atau memang harus anda sendiri yang mencari dengan cara men-download-nya Semoga dapat membantu pemahaman terhadap VGA dan mampu mengatasi yang berhubungan dengan tampilan monitor atau untuk meningkatkan kemampuan (upgrade) VGA monitor agar tampilan (display) leb Pengertian kartu grafis addon dedicated graphics card Dedicated graphics card Sedangkan dedicated graphics card merupakan kartu grafis yang berdiri sendiri, tidak diproduksi dengan tertanam langsung pada motherboard. Dedicated graphis card atau yang disebut juga kartu grafis Add on ini telah memiliki RAM sendiri dan prosesor khusus untuk pemrosesan gambar video. Pada kebanyakan motherboard yang mendukung kartu grafis ini memiliki fitur yang memungkinkan untuk menonaktifkan chip grafis yang terintegrasi melalui bios, ia juga memiliki slot expansi seperti AGP, PCI, atau PCI Express sebagai tempat untuk penambahan kartu grafis yang berkinerja lebih tinggi dari pada kartu grafis yang terintegrasi. ih jernih dan tampilam video-nya pun tidak putus-putus Beberapa pertimbangan dalam membeli vga card: 1. Ketika membeli vga card adalah memastikan bahwa vga teersebut dapat menampilkan resolusi terbaik untuk layar komputer anda. Untuk Liquid Crystal Display (LCD) monitor ini berarti harus mendukung resolusi asli. Untuk monitor Cathode Ray Tube (CRT) tidak memiliki resolusi asli. Dalam hal ini, pastikan kartu grafis ini mampu mendukung resolusi tertinggi, walaupun pada monitor CRT akan sering digunakan pada resolusi yang lebih rendah. 2. Usahakan menggunakan Vga card yang berdiri sendiri bukan On-board memori (bagi Anda penggila games). Kartu grafis harus bekerja sangat keras untuk membuat gambar ke layar. Tidak seperti file teks, gambar grafis adalah file yang jauh lebih besar terdiri dari jumlah besar data yang harus diproses oleh kartu grafis atau video. Vga card yang lebih cepat memiliki chip memori sendiri (berdiri sendiri) untuk melakukan fungsi ini agar tidak mengambil pada random access memory sistem (RAM). Ini tidak berarti bahwa fungsi vga card dengan memori tersendiri akan memuaskan, tetapi banyak juga yang tergantung pada memori utama dari komputer dan mengambil sejumlah RAM utama. Sistem RAM yang lebih lebih simpel secara mekanik jika menggunakan onboard, tetapi untuk penggemar game dan multimedia, kartu grafis dengan memori tersendiri adalah pilihan yang lebih baik. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang ingin menonton, bekerja dengan atau mengedit film. Ada beberapa bagian komponen di video card ( VGA ). Di antaranya : 1. PCB (Printed Circuit Board) Pada video card, warna dasar yang digunakan beragam. Mulai dari warna merah, hijau dan kuning keemasan. Ada dua form factor yang digunakan. Kebanyakan berukuran standar dengan ketinggian sekitar 99 mm (tinggi bracket sekitar 127 mm) dan lebar yang bervariasi. Ukuran yang lebih mungil, dengan ketinggian setengahnya, dikenal dengan form factor low-profile. Video card semacam ini digunakan seperti pada mini PC. Sesekali ditemukan beroperasi dengan sebuah riser card. 2. GPU/VPU Inilah inti dari sebuah video card. Sebuah IC (integrated circuit), tugasnya seperti CPU pada sebuah mother- board. Ia yang menangani proses 2D dan 3D. Biasanya tertutup oleh heatsink dan fan. 3. Memory Untuk membedakan dengan RAM/ memory yang terinstalsi pada motherboard, lebih spesifik disebut sebagai video RAM. Kesamaan antara RAM dengan video RAM cukup banyak. Namun pada praktiknya, RAM video card terutama seri-seri high-end, sering menggunakan chip memory yang lebih cepat ketimbang RAM motherboard. 4. Bus Interface Untuk sekarang, pilihannya hanya ada dua macam interface. Yaitu, AGP (Acce- lerated Graphics Port) dan PCI Express. Sebelumnya sempat digunakan slot ISA dan PCI untuk video card ini. 5. Cooling System Sempat memiliki sebuah video card yang sama sekali tidak menggunakan fan pendingin, atau bahkan tanpa heatsink? Untuk GPU terkini, sebuah hal yang hampir tidak mungkin. Dengan clock yang demikian cepat, panas selama beroperasi dapat mencapai suhu yang cukup tinggi. Sebagai informasi, suhu pada heatsink pasif (tanpa fan) sebuah video card GeForce FX5200 dapat mencapai kisaran 60°C. Dapat dibayangkan panas yang dapat dihasilkan sebuah video card kelas high-end. 6. Display Interface Kebanyakan video card menawarkan tiga jenis port interface: DVI, VGA dan TV-Out. Dan yang lain, hanya merupakan kombinasi minor dari tiga port tersebut. Ada yang menawarkan dual DVI, untuk dapat menghasilkan dua tampilan pada display digital. Ada yang menyertakan fasilitas dukungan output HDTV (high-definition TV), atau VIVO (video input video output). Dua yang disebut terakhir, biasanya dengan menyertakan fungsi tambahan tersebut pada port video. sejarah standar video dan standar warna: Date Standard Description Resolution No. colours 1981 CGA Colour Graphics Adapter 640x200 160x200 None 16 1984 EGA Enhanced Graphics Adapter 640x350 l6 from 64 1987 VGA Video Graphics Array 640x480 320x200 16 from 262,144 256 1990 XGA Extended Graphics Array 1024x768 18.7 million SXGA Super Extended Graphics Array 1280x1024 16.7 million UXGA Ultra XGA 1600x1200 16.7 million JENIS: Expansion Inilah yang sering dan lebih tepat jika disebut sebagai VGA card. Komponen PC yang satu ini memiliki processor tersendiri. Disebut GPU (Graphics Processing Units) oleh nVIDIA, dan VPU (Visual Processing Units) oleh ATi. Ia dilengkapi dengan video memory yang sama sekali terpisah dengan RAM pada motherboard. Pada kebanyakan produk video card, menggunakan jenis RAM yang satu langkah lebih maju dibanding RAM motherboard. Integrated Terintegrasi pada motherboard, sering disebut integrated graphic controller. Rata-rata memiliki kinerja 3D yang lebih rendah, dibanding expansion card. Ini berlaku, jika membandingkan kinerjanya, dengan era dan kelas yang sama. Penyebab utamanya adalah kebanyakan menggunakan chipset yang relative lebih murah, untuk menekan biaya yang dibutuhkan. Kebanyakan integrated graphic controller juga menggunakan sistem sharring memory, tidak seperti pada expansion card yang memiliki dedicated memory. Kekuatan kartu video di tentukan oleh banyak faktor, berikut spesifikasi yang paling menentukan : • GPU clock speed (MHz) • Ukuran bus memori (bits) • Jumlah memori yang tersedia (MB) • Memory clock rate (MHz) • Memory bandwidth (GB/s) • Kecepatan RAMDAC (MHz) Referensi : Teknik Merakit Komputer Dan Seluk-beluknya, Rachmad Hakim S. , Elek Media Komputindo Tips Merawat VGA • Suhu VGA harus dijaga, jangan terlalu panas karena dapat merusak chipset. • Pasokan listrik harus stabil. Pastikan PSU yang digunakan berkualitas. • Jauhkan dari Kotoran dan debu yang menempel pada VGA. Description: Prinsip kerja VGA Card [kartu grafis] Rating: 5.0 Reviewer: Starchau ( Computer Informations ) ItemReviewed: Prinsip kerja VGA Card [kartu grafis] SUMBER : http://ganeshara09.wordpress.com/2012/11/01/pengertian-fungsi-dan-bagian-vga-video-graphics-accelerator/ http://www.pcidatabase.com/search.php?device_search_str=vga http://ruhutcyber.blogspot.com/2012/10/pengertian-vga-card-on-board-dan-vga.html http://tiara-pc.blogspot.com/2012/01/pengertian-kartu-grafis-atau-vga.html http://www.belajarkomputer.org/fungsi-vga-card.html http://etutorialkomputer.blogspot.com/2011/02/mengenal-bagian-bagian-video-card-vga.html http://illtorro.blogspot.com/ http://imronfauzi.blogspot.com/2012/09/pengertian-vga-card.html#ixzz2Rzy7ghcn http://otakkacau.net/vga-card-seputar-dunia-vga-card-ati-nvidia http://starchau.blogspot.com/2011/11/prinsip-kerja-vga-card-kartu-grafis.html

tugas multi media . prasojo budi s. 26409609

Pengertian Sound Card. Sound Card Atau yang lebih kita kenal dengan Kartu suara adalah Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis. Sejarah dari sound card IBM PC AdLib Music Synthesizer Card, adalah salah satu sound card yang pertama tahun 1987 Suatu sound card berdasar pada chip VIA Envy Sound card untuk komputer-komputer kompatibel dengan IBM PC itu luar biasa sampai 1988, yang meninggalkan satu speaker PC yang internal tunggal (ketika satu-satunya cara awal perangkat lunak PC bisa menghasilkan bunyi dan musik). Perangkat keras speaker pada umumnya dibatasi pada gelombang bujur-sangkar, yang sesuai dengan nama julukan yang umum dari “tanda bunyi”. Bunyi yang hasilnya secara umum digambarkan sebagai “tanda bunyi dan boops”. Beberapa perusahaan, paling khususnya Access Software, teknik-teknik yang dikembangkan untuk reproduksi bunyi digital di atas pembicara PC; audio yang hasilnya, selagi dengan terus terang fungsional, menderita karena simpangkan keluaran dan volume rendah, dan biasanya memerlukan semua pengolahan yang lain yang untuk dihentikan selagi bunyi-bunyi dimainkan. Model-model komputer rumah lain dari tahun 1980-an mencakup dukungan perangkat keras untuk putar ulang bunyi digital, atau sintese musik (atau kedua-duanya), meninggalkan IBM PC dalam kemunduran kepada mereka ketika itu caine ke aplikasi-aplikasi multimedia seperti komposisi musik atau bermain. Sangat penting dicatat bahwa inisial rancangan dan pemasaran fokus pada kartu suara dengan platform IBM PC yang tidak digunakan untuk permainan, tetapi lebih kepada aplikasi audio seperti komposisi musik (AdLib Personal Music System, Creative Music System, IBM Music Featured Card) atau sintesis pembicaraan (Digispeech DS2001, Covox Speech Thing, Streets Electronic Echo). Hanya sampai Sierra dan perusahaan game lain terlibat pada 1988 mulai berubah ke arah permainan. Fungsi Sound Card. Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia. Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu : Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli. Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker. synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks. Pemasangan Sound Card. Pada awal kemunculannya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Tapi sesuai berkembangnya zaman, saat ini Sound card tampaknya menjadi suatu perangkat wajib yang harus ada di setiap komputer kita. Dan dilihat dari cara pemasangannya, sound card sendiri dibagi 3 antara lain : Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada Motherboard komputer kirta. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard kita. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire. Contoh Sound Card yang Baik Dari beberapa vendor pembuat sound card yang telah disebutkan di atas tadi, Sound Blaster-nya Creative Labs menjadi standar bagi banyak sound card yang ada di pasaran. Tidak mengherankan karena kualitas sound card Creative telah diakui sebagai yang terbaik.Sound Blaster sendiri adalah sebuah sound card yang selama beberapa tahun ini menjadi standar de facto untuk setiap komputer IBM PC Compatible sebelum PC Audio menjadi maju. Sound Blaster diproduksi oleh Creative Labs yang berada di Singapura.Salah satu contoh terobosan terbaru Sound card di dunia audio digital buatan Creative saat ini antara lain adalah EAX Advanced HD, Creative SoundBlaster Audigy 2 ZS Notebook PCMCIA, Creative Sound Blaster X-Fi Elite Pro. Tips Menyesuaikan Pemilihan Sound Card. Sound Card berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog suara ataupun sebaliknya. Kualitas Sound Card banyak dipengaruhi oleh sebuah chip DAC ( Digital to Analog Converter) sebagai chip pendamping chip utama Sound Card. Chip DAC ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Secara kinerja dapat dijelaskan chip ini memproses output yang dihasilkan oleh controller utama / chipsound yang berupa data digital menjadi data analog. Yang perlu diperhatikan dalam memilih Soung Card adalah: 1. Jenis chip / DSP. 2. DAC. 3. Playback quality: 24bit/192khz merupakan kualitas kelas atas. 4. Recording: 24bit/96khz untuk hasil terbaik. 5. Respon frekwensi. 6. SRN Rasio 106 - 108db. 7. Hardware accleration untuk mengurangi beban prosessor. 8. Dukungan playback 7.1, ASIO 2.0, EAX 2/3/4/5.0 untuk games, THX untuk film, PCM/MLP(DVD). 9. Koneksi yang tersedia berupa coaxial atau optical. Telinga awam mungkin agak sukar mendapatkan perbedaan output suara soundcard onboard ecek-ecek dengan soundcard addon yang berkualitas, namun penikmat musik sejati ataupun pemilik home entertainment sangat peka terhadap respon setiap frekwensi yang dihasilkan oleh soundcard tersebut. 1. Dengan bantuan software dapat diketahui respon renge frekwensi yang dikeluarkan oleh soundcard tersebut dengan hasil yang baik merupakan hasil yang flat. 2. Tidak ada range frekwensi yang lebih domain antara yang satu dengan yang lain. 3. Suara terdengar natural setiap alat musik berbunyi sesuai posisinya. 4. Karakteristik yang baik jika range frekwensi_hingga trebel sedikit basah, tidak cempreng seperti kaleng layaknya kehilangan nyawa, tidak terlalu tajam. 5. Begitu pula dengan frekwensi bass yang menendang namun empuk tidak kasar dan dapat memisahkan frekwensi bass petik dan bass drum secara jelas. Jenis Sound Card : 1) Sound Card On Board Merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hamper semua jenis motherboard. Jika kita hanya membutuhkan sound card untuk musik, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik. 2) Sound Card PCI Merupakan sound card yang dipasangkan pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat. Sound card diperlukan untuk mendengarkan suara hasil olahan komputer, jika Anda ingin merakit komputer maka lebih baik membeli motherboard yang sudah terpasang sound card didalamnya. Kualitas Sound Card banyak dipengaruhi oleh chip DAC(Digital Analog Converter), yaitu alat yang merubah data digital menjadi analog. Yang perlu diperhatikan tentang sound card yaitu : -Jenis chip -DAC -Playback quality; 24bit/192khz merupakan kualitas yang terbaik -Recording:24bit/96khz adalah yang terbaik -Respon frekuensi -SRN Rasio 106-108dB -Hardware acceleration yang berguna untuk mengurangi beban prosesor -Dukungan playback 7.1 ASIO 2.0 EAX untuk games, THX untuk film,PCM/MLP(DVD) -Koneksi yang tersedia berupa coaxial atau optikal CARA KERJA SOUND CARD Ketika mendengarkan suara dari sound card, data digital suara yang berupa waveform.wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal Processing : Pengolah signal digital) yang bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter : Konversi digital ke analog), mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker. Ketika merekam suara lewat microphone, suara yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital), mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3. Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli. Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker. synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks. sumber : http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/news/1867126-tips-menyesuaikan-pemilihan-sound-card/ http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_suara http://apmukti.staff.uns.ac.id/2008/09/29/pengenalan-soundcard/ http://dunk-amd.blogspot.com/2007/10/all-about-sound-card.html http://indoplayer-indoplayer.blogspot.com/2009/10/pengertian-sound-card.html http://azdikkinfreak.blogspot.com/#fjO8Z0jvTeY1BtFS.99 http://www.bahaskomputer.com/2009/01/sound-card.html http://harddiskkelompokdua.16mb.com/index.php/speaker-dan-sound-card/2-speaker-dan-sound-card http://yafifirdaus62.blogspot.com/2012/12/sound-card-pengertian-sound-card.html http://margonogono.blogspot.com/2011/06/sejarah-sound-card.html